Pipa PVC Conduit

Pipa Conduit adalah sebuah pipa yang digunakan untuk melindungi kabel - kabel dari ganguan luar, seperti interperensi (noise), gangguan dari binatang - binatang kecil, suhu, dan sebagainya. Apabila ada benda jatuh tidak akan langsung mengenai kabel yang kemudian menyebabkan hubungan singkat (konsleting).
Dipasaran kita bisa menemukan 2 jenis dari pipa PVC conduit yaitu pipa PVC Conduit dan pipa PVC metal conduit untuk pipa PVC Conduit terbuat dari bahan PVC, panjangnya 3 meter perbatangnya. Conduit dan sparing harus mempunyai ukuran minimal 1,5 kali total diameter kabel yang dilindunginya.PVC Conduit memiliki diameter 20 mm, 25 mm dan 32 mm, sehingga lebih fleksibel digunakan. Sedangkan Pipa Metal Conduit terbuat dari dari bahan logam seperti besi galvanis. Akan tetapi Pipa PVC Conduit ini mudah digunakan oleh siapa saja. Di pasaran, beredar berbagai macam merk pipa conduit. Merk pipa conduit yang familiar di telinga kita yaitu Clipsal, EGA, Panasonic dan lain-lain.

Keterangan Produk

Material   :  PVC
Ukuran     : 20 mm ,25 mm ,32 mm
Standard  :  IEC 614, IEC 6138-1, IEC 6138-21
Warna      :  Putih, hitam atau warna lain sesuai permintaan
Kemasan  :  3 Meter (Batang)

Sertifikat
TUV Certification for PVC Conduit and Fittings Comply
with EN 61386-1, EN 61386-21

Adapun keuntungan menggunakan pipa conduit dibandingkan jenis pipa lain dalam instalasi listrik yaitu :
  • Non-Konduktor yang sangat baik: Bisa menahan arus listrik yang tinggi sampai 25.000 Volt tidak rusak.
  • Tahan Tekanan: Bisa menahan tekanan jika ditanam dalam tembok/semen.
  • Ringan, dibanding pelindung kabel lainnya yang terbuat dari galvanized.
  • Mudah dipotong, hasil potongannya rapi dan bersih.
  • Mudah dibengkokkan. Pipa Conduit fleksibel untuk dibengkokkan dengan menggunakan alat hingga sangat mudah untuk menarik kawat dan konduktor, bahkan saat melalui tikungan 90°.
  • Bisa disambung dengan menggunakan fitting yang diperlukan.
  • Tahan api dan tidak mudah terbakar.
  • Tampilannya menarik, rapi dan tidak memerlukan dekorasi apa pun untuk dipadukan dengan interior lainnya. Bisa dicat jika diinginkan tampil berwarna-warni.
  • Bagian dalam pipanya halus, sehingga kawat tidak rusak saat ditarik melalui pipa conduit tersebut. Permukaan bagian dalam Pipa Conduit yang halus, mengurangi gesekan ketika menarik konduktor dan kabel yang panjang di dalamnya.
  • Tahan terhadap cuaca. Baik cuaca panas maupun dingin tidak mempengaruhi kekuatan Pipa Conduit.
  • Tahan terhadap air laut, bahan kimia dan sebagainya.

Apa yang harus diperhatikan dalam pemasangan pipa conduit?


    Untuk pemasangan pipa conduit di dalam dinding, harus diusahakan agar dilaksanakan sebelum pekerjaan plesteran, agar permukaan dinding tidak bergelombang.
Pemasangan pipa conduit di atas plafond harus dikoordinasikan dengan jalur-jalur instalasi yang lain agar dapat tersusun rapi dan tidak saling mengganggu.
Pertemuan pipa sparing dari dalam dinding dengan pipa conduit di plafond menggunakan doos penyambungan yang diantaranya dipasang flexible conduit yang dipasang dengan cara klem.
Untuk mempermudah penarikan kabel di dalam pipa conduit, dapat menggunakan kawat pancing.

Sedangkan kekurangan penggunaan pipa conduit antara lain adalah : membutuhkan biaya lebih untuk pipa conduit, dan relatif membutuhkan waktu lebih untuk keseluruhan pekerjaan instalasi listrik.

Demikianlah sedikit ulasan tentang pipa conduit untuk instalasi kabel yang aman, bagi anda yang sedang dalam tahap pembangunan rumah, penggunaan pipa conduit layak dipertimbangkan untuk instalasi listrik yang lebih aman. Semoga bermanfaat...!

Untuk Pipa Conduit Series dan Pipa Metal Conduit  hadir dalam bentuk aksesoris penunjang instalasi kelistrikan. Pipa PVC Conduit series merupakan aksesoris listrik dengan kualitas terbaik dengan di dukung fitting-fittingnya. Pipa PVC Conduit Series hadir dalam bentuk Pipa Conduit, Clamp Pipa Conduit, Sock Pipa Conduit, T-Doos, L-Bow, dll yang terbuat dari bahan PVC berkualitas tinggi.

Merk : Clipsal. Lesso, AMD

Pages